Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Guncang Pulau Panjang, NTB

Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat (NTB) – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Pulau Panjang, NTB, pada hari Selasa (18/7), menurut data yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Gempa terjadi pada pukul 11.07 WIB dengan episenter berada di laut, 58 KM barat laut Pulau Panjang. Kedalaman gempa tercatat sebesar 22 KM, dengan koordinat 7,97 lintang selatan dan 116,68 bujur timur.

Meskipun gempa tersebut terasa cukup kuat, skala Mercalli (MMI) hanya mencapai level III di Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, level II di Mataram, dan level II di Sumbawa. Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Gempa ini mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat dan pihak berwenang terkait. BMKG telah memberikan informasi resmi mengenai gempa ini melalui akun Twitter mereka. Sebagai langkah pencegahan, masyarakat di daerah terdampak disarankan untuk tetap waspada dan mengikuti instruksi dari pihak berwenang.

Peristiwa gempa bumi merupakan hal yang wajar terjadi di wilayah Indonesia yang berada pada jalur cincin api Pasifik. Sebagai negara yang rawan gempa, penting bagi masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan langkah-langkah yang benar dalam menghadapi bencana alam seperti ini.

Sumber Referensi :

  • BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melalui Twitter resmi mereka, @infoBMKG, dengan informasi terkini mengenai gempa tersebut.

Komentar