Gempa Bumi di Kabupaten Jayapura dengan Magnitudo 5.2 pada 19 Juli 2023

Pada tanggal 19 Juli 2023, pukul 22:18:49 WIB, terjadi gempa bumi di wilayah Kabupaten Jayapura. Pusat gempa berada di darat dengan lintang 3.06 LS dan bujur 139.99 BT. Magnitudo gempa ini mencapai 5.2 dengan kedalaman 18 kilometer. Gempa ini juga dirasakan oleh masyarakat setempat dengan tingkat intensitas III pada Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) di Kabupaten Jayapura.

Meskipun magnitudo gempa ini tidak termasuk dalam kategori yang sangat kuat, namun tetap menimbulkan getaran dan dampak yang dapat dirasakan oleh penduduk di daerah tersebut. Skala MMI adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengukur tingkat intensitas gempa berdasarkan pengalaman dan dampak yang dirasakan oleh manusia. Tingkat III pada skala ini mengindikasikan getaran yang terasa oleh beberapa orang di dalam ruangan. Benda-benda bergantung mungkin bergoyang, dan suara bergemuruh mungkin terdengar.

Pusat gempa berlokasi sekitar 70 kilometer barat daya dari Kabupaten Jayapura. Meskipun gempa ini terjadi di darat, penting untuk selalu meningkatkan kesadaran akan potensi kerusakan dan risiko gempa bumi di wilayah yang rawan gempa seperti Indonesia. Waspada terhadap tindakan pencegahan dan persiapan darurat sangat penting untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga.

Gempa bumi adalah fenomena alam yang tak terduga dan dapat terjadi kapan saja. Dalam situasi seperti ini, penting untuk tetap tenang dan mengikuti panduan keselamatan yang diberikan oleh otoritas setempat. Beberapa langkah penting yang dapat diambil dalam menghadapi gempa bumi antara lain:

  1. Tetap tenang dan berada di tempat yang aman. Cari perlindungan di bawah meja atau di tempat yang bebas dari benda yang dapat jatuh.
  2. Jauhkan diri dari jendela, perabotan berat, dan benda-benda yang dapat melukai Anda.
  3. Jika berada di luar ruangan, hindari gedung atau struktur yang mungkin roboh. Cari tempat terbuka yang aman.
  4. Setelah gempa berhenti, hati-hati dengan potensi kerusakan atau reruntuhan bangunan sekitar Anda.
  5. Ikuti petunjuk dari otoritas setempat dan waspada terhadap informasi resmi terkait gempa bumi dan kemungkinan ancaman susulan.

Saat berada di daerah rawan gempa seperti Indonesia, penting untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko gempa bumi. Perlu diingat bahwa keselamatan diri dan keselamatan orang lain harus menjadi prioritas utama. Jangan ragu untuk mencari informasi dan saran dari sumber-sumber yang terpercaya, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta mengikuti panduan dan langkah-langkah pencegahan yang disarankan oleh pemerintah setempat.

Referensi :

Informasi Gempa Bumi Terkini BMKG. Diakses pada 19 Juli 2023 dari https://www.bmkg.go.id/gempabumi/gempabumi-dirasakan.bmkg

Komentar